Review Samsung Galaxy A51

Artikel mengenai review Samsung Galaxy A51 selalu dicari sejak Samsung merilis Galaxy A51 untuk menjadi penerus dari Galaxy A50s di pertengahan tahun lalu.

Dengan rilisnya perangkat Samsung Galaxy A51, hal ini menunjukkan betapa semakin produktifnya Samsung dalam merilis smartphone terbaru, terutama untuk smartphone seri A.

Samsung Galaxy A51 ini dibanderol harga Rp. 4.300.000,00. Selain itu, smartphone yang satu ini juga memusatkan targetnya kepada para generasi Live yang gemar mengekspresikan dirinya di media sosial dengan beragam konten yang berbeda.

Seperti halnya smartphone Samsung seri A lainnya, Samsung Galaxy A51 juga memiliki varian yang cukup luas, dari mulai low-end hingga high-end dirancang untuk bisa bertarung di pasarnya yang memang memiliki pesaing yang cukup ketat.

Lalu apa saja spesifikasi dan performa oke yang dimiliki Samsung Galaxy A51?

Review Samsung Galaxy A51 – Desain

review samsung galaxy a51

Karena Samsung Galaxy A51 sendiri diciptakan untuk menjadi penerus dari Samsung Galaxy A50s, maka desain luarnya pun terbilang cukup mirip satu sama lain atau bisa juga disebut tidak ada yang istimewa.

Samsung Galaxy A51 memiliki tampilan casing dengan tarikan grafis yang holografis, garis-garis diagonal yang saling bertabrakan dengan dipadu warna yang berbeda membuatnya terlihat lebih segar.

Desain casing yang seperti ini, membuat Samsung Galaxy A51 akan terlihat sangat cantik ketika diletakkan di bawah pantulan cahaya terang. Namun, penyesuaian warna yang akan muncul tergantung dari arah cahayanya itu.

Untuk dari segi ukurannya sendiri, desain dari Samsung Galaxy A51 terbilang sangat tipis dan berukuran panjang 158.4 mm serta lebar 73.7 mm. Selain itu, ponsel ini memiliki ketebalan dengan ukuran 7.9 mm.

Kelebihan lain yang dimiliki Samsung Galaxy A51 adalah, ponsel yang satu ini memiliki sensor pemindai sidik jari yang terdapat di dalam layar ponsel. Sehingga, desainnya akan terlihat lebih menarik.

Karena Samsung sendiri selalu mengutamakan para pelanggannya, jadi Samsung menciptakan Samsung Galaxy A51 dengan jack audio 3.5 mm agar para pengguna yang memiliki atau menggunakan earphone kabel akan merasa lebih nyaman saat mendengarkan musik.

Selain itu, Samsung Galaxy A51 juga memiliki slot microSD, jadi kamu tidak perlu mengkhawatirkannya.

Di bagian belakang ponsel, terdapat 4 kamera. Hanya dengan melihat keempat kamera ini, tentu secara tersirat hal ini menunjukkan bahwa Samsung Galaxy A51 termasuk dalam salah satu smartphone yang memiliki fotografi terbaik.

Namun, ada satu hal yang perlu kamu ketahui, yaitu Samsung Galaxy A51 tidak diproteksi dengan ketahanan pada air maupun debu.

Samsung Galaxy A51 – Layar

samsung a51 review indonesia

Dari segi layarnya sendiri, Samsung Galaxy A51 memiliki layar seluas 6.5 inch dan memiliki resolusi hingga mencapai 1080 x 2340 pixels.

Selain itu, Samsung Galaxy A51 juga dibekali panel super AMOLED yang menyajikan kualitas gambar yang lebih bersih, jernih, dan tajam. Samsung Galaxy A51 memiliki kerapatan sebesar 396 ppi dan rasio 19.5:9.

Kelebihan lain yang dimiliki Samsung Galaxy A51 dari segi layarnya adalah, ponsel ini dibekali pelindung Corning Gorilla Glass 3 yang akan melindungi layar ponsel dengan baik dari beberapa goresan maupun lecet.

Untuk konsep kamera depannya sendiri terlihat persis dengan Samsung Galaxy Note10, yaitu lubang kamera depan yang dimiliki Samsung Galaxy A51 sengaja dibuat secara simetris tepatnya di bagian tengah atas ponsel yang satu ini. Tentu konsep ini terbilang cukup menarik dan unik.

Review Samsung Galaxy A51 – Kamera

samsung galaxy a51 camera review

Jika dilihat dari segi kameranya, Galaxy A51 bisa dikatakan sebagai salah satu HP Samsung kamera terbaik karena ponsel ini dibekali dengan 4 lensa kamera yang terletak di bagian sisi belakang sehingga kemampuannya untuk mengambil foto maupun video terbilang sangat mendukung.

Kamera utama dari Samsung Galaxy A51 berukuran 48 MP dan dilengkapi dukungan penuh dari sensor ½”,0.8 µm dan aperture f/1.8 serta dilengkapi dengan PDFA.

Sedangkan sensor kedua yang merupakan lensa telephoto memiliki resolusi 5 MP. Selain itu, terdapat juga lensa ultra-wide yang memiliki resolusi 12 MP hingga depth sensor yang beresolusi 5 MP.

Nah, untuk semakin melengkapi fitur-fitur kamera ini, Samsung menyediakan juga beragam fitur fotografi seperti HDR, Panorama, Live Focus, dan bahkan merekam video 4K.

Untuk kamera depannya, Samsung Galaxy A51 menawarkan fitur kamera depan dengan resolusi 32 MP yang ditempatkan langsung di bagian tengah layar.

Karena kamera depannya ini sudah dilengkapi dengan fitur terbaik Live Focus, jadi kamu bisa mengambil foto atau video dengan tingkat kejelasan yang tinggi dan hasilnya akan terlihat memuaskan.

Samsung Galaxy A51 – Konektivitas

Dengan harga yang lebih murah dibandingkan smartphone dengan spesifikasi seperti ini lainnya, Samsung Galaxy A51 tetap saja memiliki kualitas yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Sebab, Samsung Galaxy A51 telah dibekali langsung fitur-fitur konektivitas yang sangat lengkap dan menarik sehingga akan membuat para penggunanya nyaman ketika menggunakannya. Fitur konektivitas yang dimiliki Samsung Galaxy A51 adalah WiFi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band.

Selain itu, Samsung Galaxy A51 juga memiliki fitur konektivitas lainnya yaitu Bluetooth v5.0, port USB Type-C, NFC, GPS, koneksi internet HSPA, LTE, dan dual SIM card.

Review Samsung Galaxy A51 – Performa

tes gaming samsung galaxy a51

Dari segi performanya, ponsel ini juga tidak kalah dengan tipe smartphone lainnya, karena dari sektor pacunya saja Samsung Galaxy A51 sudah sangat bagus.

Samsung Galaxy A51 mengandalkan chipset Exynos 9611 dengan fabrikasi 10 mm, sehingga nantinya chipset ini akan memiliki kecepatan dengan processor Octa Core yang ke depannya akan terbagi menjadi dua inti seperti Quad Core 1.7 Ghz Cortex-A53 dan Quad Core 2.3 Ghz Cortex-A73.

Samsung Galaxy A51 tersedia dengan pengolahan grafis Mali-G72 MP3 dan juga sistem operasi Android 10 yang dimana ke depannya nanti akan dibalut dengan OneUI.

Untuk kapasitas memori yang tersedia di Samsung Galaxy A51 sendiri bisa dikatakan sangat beragam, dari mulai RAM 4 GB/64 GB. Kemudian ada juga RAM 4 GB/128 GB dan RAM 6 GB/128 GB.

Jadi, bila para pengguna merasa memori internalnya masih kurang dan ingin lebih besar lagi, pengguna Samsung Galaxy A51 bisa menambahkan sendiri microSD hingga up to 512 GB.

Review Samsung Galaxy A51 – Baterai

tes baterai galaxy a51

Segi baterai yang dimiliki Samsung Galaxy A51 juga tidak kalah dengan spesifikasi-spesifikasi lain yang dimiliki ponsel ini. Smartphone yang satu ini menawarkan kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu 4000 mAh dan fast charging 15W sehingga kamu tidak perlu menunggu lama pada saat mengisi baterai.

Samsung Galaxy A51 juga bisa dikatakan sangat cocok bagi para penggemar game. Pasalnya, salah satu keunggulan yang dimiliki ponsel satu ini adalah kapasitas baterainya terbilang jauh lebih besar sehingga bisa bertahan cukup lama pada saat bermain game.

Selain itu, Samsung Galaxy A51 masih memiliki keunggulan lainnya yang perlu kamu ketahui, yakni ponsel ini dilengkapi dengan dukungan teknologi AI sehingga membuatnya bisa menghasilkan performa yang jauh lebih baik dan efisien.

Berkat fitur AI ini juga, Samsung Galaxy A51 dapat menyesuaikan kemampuan konsumsi daya baterai dan dapat lebih mengoptimalkan sehingga para pengguna Samsung Galaxy A51 akan merasa nyaman ketika menggunakannya.

Nah, cukup sampai disini saja review Samsung Galaxy A51. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membuat banyak orang semakin yakin untuk memilih ponsel tipe yang satu ini.

Sebab, jika melihat harga yang ditawarkan dan spesifikasi yang dimiliki Samsung Galaxy A51, kedua hal ini sangatlah sia-sia jika dilewatkan, jadi jangan sampai kamu melewatkan fitur-fitur menarik yang dimilikinya.

Share on:

Tinggalkan komentar

Coba Baca Ini