Cara Screenshot di HP Samsung Grand Prime

Jika Anda menggunakan smartphone Samsung Grand Prime, mungkin Anda pernah merasa kesulitan dalam melakukan screenshot. Namun, jangan khawatir karena pada artikel ini akan dijelaskan cara screenshot di HP Samsung Grand Prime dengan mudah dan cepat.

1. Gunakan Tombol Fisik

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan screenshot di HP Samsung Grand Prime adalah dengan menggunakan tombol fisik. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, screenshot akan langsung tersimpan di galeri.

2. Gunakan Gesture Screenshot

Jika Anda tidak ingin menggunakan tombol fisik, Anda juga bisa menggunakan fitur gesture screenshot yang tersedia pada HP Samsung Grand Prime. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggeser tangan dari kiri ke kanan atau sebaliknya pada layar HP. Setelah itu, screenshot akan langsung tersimpan di galeri.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kedua cara di atas tidak berhasil atau Anda ingin menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Screenshot Easy atau Screenshot Pro. Aplikasi tersebut dapat diunduh di Google Play Store dan memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan fitur bawaan HP Samsung Grand Prime.

4. Membuat Shortcut

Jika Anda sering menggunakan fitur screenshot, Anda juga bisa membuat shortcut untuk memudahkan proses screenshot. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan, lalu tahan tombol tersebut hingga muncul opsi membuat shortcut. Setelah itu, shortcut akan langsung terbuat dan dapat digunakan kapan saja.

5. Menambahkan Keterangan

Selain melakukan screenshot, Anda juga bisa menambahkan keterangan pada screenshot tersebut. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka screenshot yang telah tersimpan di galeri, lalu pilih opsi tambah keterangan. Setelah itu, Anda dapat menambahkan teks atau gambar pada screenshot tersebut.

6. Mengedit Screenshot

Jika Anda ingin mengedit screenshot sebelum membagikannya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pengedit foto seperti PicsArt atau Photoshop Express. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat melakukan berbagai macam pengeditan seperti crop, resize, atau menambahkan filter pada screenshot.

7. Menyimpan Screenshot ke Cloud

Jika Anda ingin menyimpan screenshot ke cloud seperti Google Drive atau Dropbox, Anda juga bisa melakukannya dengan mudah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka screenshot yang telah tersimpan di galeri, lalu pilih opsi simpan ke cloud. Setelah itu, screenshot akan langsung terunggah ke cloud yang Anda pilih.

8. Memperbaiki Masalah Screenshot

Jika Anda mengalami masalah saat melakukan screenshot seperti screenshot tidak tersimpan atau layar menjadi hitam, Anda bisa mencoba memperbaikinya dengan cara restart HP atau membersihkan cache aplikasi galeri. Jika masih bermasalah, Anda bisa mencoba melakukan factory reset pada HP.

9. Kesimpulan

Demikianlah cara screenshot di HP Samsung Grand Prime. Dengan mengetahui cara ini, Anda dapat dengan mudah melakukan screenshot tanpa perlu kesulitan atau membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan keterangan, mengedit, atau menyimpan screenshot ke cloud dengan mudah.

Cara Screenshot di HP Samsung Grand Prime