Cara Pasang Wifi di Rumah

Saat ini jaringan internet menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Internet dibutuhkan sebagai sarana berbagai aktivitas, mulai dari hiburan, pendidikan, hingga pekerjaan.

Apalagi saat pandemi seperti ini, berbagai aktivitas tersebut lebih sering dilakukan di rumah. Semakin butuh koneksi internet dengan kecepatan tinggi, biaya terjangkau, dan tidak terbatas kuota.

Tentu solusi yang menarik adalah memasang koneksi WiFi di rumah. Jaringan yang lebih stabil membuat nyaman untuk melakukan aktivitas daring kamu.

Cara Pasang WiFi di Rumah dengan Biaya Terjangkau

Semakin meningkat penggunaan teknologi internet, maka biaya layanan provider atau jaringan internet juga semakin terjangkau.

Itulah sebabnya memasang WiFi di rumah menjadi pilihan yang menarik. Saat ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memasang WiFi di rumah.

Jika saat ini kamu ingin pasang WiFi, berikut ini kami jelaskan caranya.

1. Menggunakan Modem WiFi

Cara Pasang Wifi di Rumah
Blogunik.com

Modem WiFi memiliki cara kerja seperti router. Menghasilkan jaringan WiFi dengan menggunakan provider atau SIM Card ponsel yang dimasukkan ke modem.

Perangkat ini disebut juga sebagai WiFi portable atau mini WiFi atau mobile WiFi, karena kamu bisa menggunakannya tidak hanya di rumah, tapi bisa di bawa ke mana saja.

*Bagaimana dengan kecepatannya?

Soal kecepatan pastinya tergantung provider SIM Card masing-masing. Jika kamu memilih provider yang tepat, maka kecepatan juga akan bagus.

Cara menggunakan:

  • Tentu kamu harus memiliki perangkat Modem WiFi terlebih dahulu.
  • Masukkan SIM Card ke dalam slot pada modem.
  • Nyalakan dengan menekan tombol ON.
  • Aktifkan WiFi di ponsel kamu.
  • Masukkan password WiFi default (biasanya tercantum di bagian bawah modem atau dalam dus).
  • Selesai, kamu akan terhubung ke internet.

2. Menggunakan Layanan Internet Rumah

Cara Pasang Wifi di Rumah sendiri

Pasti kamu sudah tahu dong, kalo sekarang tersedia banyak layanan internet rumah yang ada di berbagai kota.

Setiap layanan internet rumah memiliki spesifikasi masing-masing dan harga yang beravariasi. Kamu bisa memilih mana yang tersedia di kota kamu tinggal dan yang paling cocok tentunya untuk digunakan.

Contoh layanan internet rumah yang paling popular digunakan yaitu:

  1. Indihome
  2. Biznet
  3. FirstMedia
  4. MyRepublic
  5. XL Home

*Bagaimana caranya memilih layanan internet rumah yang paling sesuai?

Kembali lagi ke kebutuhan kamu, atau jika bingung, poin-poin penting berikut ini bisa membantu kamu untuk menentukan pilihan.

· Wilayah jangkauan

Sebaiknya cek terlebih dahulu layanan internet apa saja yang sudah ada di daerah kamu. Selanjutnya, cek apakah layanannya sudah bisa menjangkau hingga titik area tempat tinggal kamu.

Biasanya, meskipun sudah tersedia di daerah setempat, namun belum tentu bisa menjangkau area tertentu. Misalnya, seperti area pedesaan.

  • Kecepatan Internet

Berapa kecepatan internet yang kamu butuhkan? Ini harus disesuaikan dengan kebutuhan. Cek apakah tersedia kecepatan yang sesuai dan jangan sampai salah pilih.

  • Biaya

Semakin tinggi kecepatan internet, otomatis biaya yang dikenakan juga tinggi. Maka cek biaya layanan yang tersedia dan pilih yang sesuai dengan keuangan kamu untuk membayarnya setiap bulan.

  • Fitur

Cek juga fitur yang ditawarkan, karena beberapa layanan menyediakan paket dengan fitur tertentu.

Jika kamu sudah mempelajari poin-poin di atas dan sudah menentukan pilihan layanan internet, selanjutnya yang kamu lakukan adalah datang ke kantor layanan internet terdekat.

Jangan lupa untuk membawa uang dan syarat yang diperlukan, seperti kartu identitas.

Share on:

Tinggalkan komentar

Coba Baca Ini