Cara Membedakan Wireless Charger Samsung Asli dan Palsu

>Wireless charger Samsung menjadi pilihan banyak orang karena memudahkan proses pengisian baterai smartphone. Namun, karena popularitasnya, banyak produsen palsu yang mencoba meniru produk ini. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara membedakan wireless charger Samsung asli dan palsu. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantumu:

1. Periksa Kemasan

Kemasan menjadi salah satu tanda pengenal produk asli Samsung. Pada kemasan produk asli, terdapat logo resmi Samsung, tipe produk, dan nomor seri. Selain itu, kemasan produk asli biasanya juga memiliki segel keamanan yang tidak mudah dipalsukan.

Di sisi lain, kemasan produk palsu biasanya tidak memiliki informasi yang lengkap dan jelas. Logo Samsung yang terdapat pada kemasan pun seringkali tidak terlihat sama persis dengan logo asli Samsung.

2. Cek Harga

Harga juga bisa menjadi tanda pengenal produk asli atau palsu. Wireless charger Samsung asli biasanya dijual dengan harga yang relatif mahal. Jika kamu menemukan produk dengan harga yang terlalu murah, kemungkinan besar produk tersebut palsu.

Untuk memastikan harga yang sebenarnya, kamu bisa mencari informasi mengenai harga produk tersebut di situs resmi Samsung atau toko resmi yang menjual produk tersebut.

3. Periksa Kualitas Material

Wireless charger Samsung asli terbuat dari bahan yang berkualitas dan tahan lama. Produk asli biasanya terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi yang terasa kokoh dan tidak mudah rusak.

Di sisi lain, wireless charger palsu biasanya terbuat dari bahan yang murah dan tidak tahan lama. Produk palsu seringkali terasa ringkih dan mudah rusak.

4. Periksa Kualitas Kabel

Kabel pengisi daya pada wireless charger Samsung asli biasanya terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi dan tahan lama. Kabel tersebut juga memiliki panjang dan ketebalan yang standar.

Di sisi lain, kabel pada produk palsu seringkali terbuat dari bahan yang murah dan mudah rusak. Kabel pada produk palsu juga seringkali terlalu pendek atau terlalu tipis.

5. Periksa Sertifikasi

Wireless charger Samsung asli biasanya memiliki sertifikasi resmi dari badan sertifikasi internasional. Sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa produk tersebut telah lolos uji coba keamanan dan kualitas dari badan sertifikasi terkait.

Untuk memastikan sertifikasi yang dimiliki oleh produk tersebut, kamu bisa mencari informasi mengenai sertifikasi tersebut pada situs resmi Samsung atau badan sertifikasi internasional yang terkait.

6. Periksa Fitur Tambahan

Wireless charger Samsung asli biasanya memiliki fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh produk palsu. Beberapa fitur tambahan tersebut antara lain: kemampuan untuk mengisi daya beberapa perangkat sekaligus, kemampuan untuk mengisi daya perangkat dengan cepat, dan kemampuan untuk mengidentifikasi jenis perangkat yang akan diisi daya.

Produk palsu biasanya tidak memiliki fitur tambahan tersebut, atau fitur yang dimilikinya tidak berfungsi dengan baik.

7. Periksa Garansi

Wireless charger Samsung asli biasanya dilengkapi dengan garansi resmi dari Samsung. Garansi tersebut memberikan jaminan bahwa produk tersebut dijamin asli dan berkualitas tinggi.

Berbeda dengan produk palsu, yang biasanya tidak dilengkapi dengan garansi atau garansi yang diberikan tidak jelas dan tidak resmi.

Dengan mengetahui cara membedakan wireless charger Samsung asli dan palsu, kamu bisa memastikan bahwa kamu membeli produk yang berkualitas dan aman digunakan. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, karena bisa jadi produk tersebut palsu dan tidak tahan lama.

Cara Membedakan Wireless Charger Samsung Asli dan Palsu