Cara Membedakan LCD Samsung Ori dan KW

>Memilih layar LCD yang tepat untuk perangkat elektronik Anda dapat menjadi tugas yang menantang. Salah satu merek yang populer di pasaran adalah Samsung, namun seringkali konsumen kesulitan membedakan antara layar LCD asli atau KW (kualitas rendah). Berikut adalah beberapa cara untuk membedakan layar LCD Samsung Ori dan KW:

1. Periksa Kualitas Gambar

Salah satu cara termudah untuk membedakan layar LCD Samsung Ori dan KW adalah dengan memeriksa kualitas gambar yang ditampilkan. Layar LCD asli biasanya memiliki kualitas gambar yang lebih tajam, warna yang lebih jelas, dan kontras yang lebih baik. Sementara itu, layar KW cenderung memiliki warna yang pucat dan kurang tajam dalam menampilkan gambar.

2. Periksa Harga

Harga juga dapat menjadi faktor dalam membedakan layar LCD Samsung Ori dan KW. Layar KW cenderung dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan layar LCD asli. Namun, harga yang terlalu murah dapat menjadi tanda bahwa produk tersebut KW.

3. Periksa Kemasan

Kemasan produk juga dapat memberikan petunjuk apakah layar LCD Samsung yang Anda beli asli atau KW. Kemasan asli biasanya lebih menonjolkan merek Samsung dan memiliki label resmi pada kotaknya. Di sisi lain, kemasan KW tidak memiliki label merek yang jelas dan tampak lebih murahan.

4. Periksa Kode Serial

Samsung memiliki kode serial unik untuk setiap produknya, termasuk untuk layar LCD. Anda dapat memeriksa kode serial tersebut untuk memastikan apakah layar tersebut asli atau KW. Kode serial asli biasanya terdapat pada stiker atau label yang menempel pada layar LCD.

5. Periksa Garansi

Salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda membeli layar LCD Samsung asli adalah dengan memeriksa garansi. Layar asli biasanya dilengkapi dengan garansi resmi dari Samsung, sementara KW tidak memiliki garansi atau garansi yang tidak jelas.

6. Periksa Tingkat Kecerahan

Salah satu ciri khas layar LCD KW adalah tingkat kecerahan yang rendah. Layar KW cenderung memiliki tingkat kecerahan yang kurang baik, sehingga sulit untuk digunakan di bawah sinar matahari langsung. Sementara itu, layar asli Samsung memiliki tingkat kecerahan yang lebih baik.

7. Periksa Sudut Pandang

Selain tingkat kecerahan, sudut pandang juga dapat menjadi petunjuk apakah layar LCD Samsung asli atau KW. Layar KW cenderung memiliki sudut pandang yang terbatas dan sulit untuk dilihat dari sudut yang berbeda. Sementara itu, layar asli Samsung memiliki sudut pandang yang lebih luas dan mudah untuk dilihat dari berbagai arah.

8. Periksa Ketebalan Layar

Salah satu cara mudah untuk membedakan layar LCD Samsung Ori dan KW adalah dengan memeriksa ketebalan layar. Layar KW cenderung lebih tebal dibandingkan dengan layar asli Samsung. Selain itu, layar KW juga cenderung lebih berat dibandingkan dengan layar asli Samsung.

9. Periksa Fungsi Layar Sentuh

Beberapa perangkat Samsung dilengkapi dengan layar sentuh. Untuk membedakan layar LCD Samsung asli dan KW, Anda dapat memeriksa fungsi layar sentuhnya. Layar KW cenderung memiliki respons yang lebih lambat dan kurang akurat dibandingkan dengan layar asli Samsung.

10. Periksa Kualitas Bahan

Layar KW biasanya terbuat dari bahan yang lebih murah dan kurang tahan lama dibandingkan dengan layar asli Samsung. Layar KW cenderung cepat rusak dan mudah tergores, sementara layar asli Samsung lebih tahan lama dan sulit tergores.

11. Periksa Warna Label

Salah satu cara mudah untuk membedakan layar LCD Samsung asli dan KW adalah dengan memeriksa warna labelnya. Label asli biasanya berwarna biru atau putih dengan tulisan hitam, sementara label KW cenderung berwarna merah atau kuning dengan tulisan hitam.

12. Periksa Kualitas Material Kabel

Kabel yang digunakan untuk menghubungkan layar LCD dengan perangkat elektronik juga dapat menjadi petunjuk apakah layar tersebut asli atau KW. Kabel asli Samsung biasanya terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan sulit putus, sementara kabel KW biasanya terbuat dari bahan yang murah dan mudah putus.

13. Periksa Resolusi Layar

Salah satu ciri khas layar KW adalah resolusi layarnya yang rendah. Layar KW cenderung memiliki resolusi yang lebih rendah dibandingkan dengan layar asli Samsung. Oleh karena itu, gambar yang ditampilkan pada layar KW cenderung kurang jelas dan tajam.

14. Periksa Fungsi Touchscreen

Jika Anda membeli layar LCD Samsung dengan fitur touchscreen, Anda dapat memeriksa fungsi touchscreen untuk membedakan layar asli dan KW. Layar KW cenderung memiliki respons yang lebih lambat dan kurang akurat dibandingkan dengan layar asli Samsung.

15. Periksa Kualitas Frame

Frame atau bingkai yang digunakan untuk melekatkan layar LCD juga dapat menjadi petunjuk apakah layar tersebut asli atau KW. Frame asli Samsung biasanya terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan tahan lama, sementara frame KW biasanya terbuat dari bahan yang murah dan mudah rusak.

16. Periksa Tingkat Kualitas Build

Salah satu cara terbaik untuk membedakan layar LCD Samsung asli dan KW adalah dengan memeriksa tingkat kualitas build. Layar KW cenderung terasa lebih ringkih dan mudah rusak dibandingkan dengan layar asli Samsung yang terasa lebih kokoh dan tahan lama.

17. Periksa Kualitas Speaker

Jika Anda membeli layar LCD Samsung dengan speaker built-in, Anda dapat memeriksa kualitas speaker untuk membedakan layar asli dan KW. Layar KW cenderung memiliki kualitas suara yang kurang baik dan kurang jelas dibandingkan dengan layar asli Samsung.

18. Periksa Kualitas Mikrofon

Jika Anda membeli layar LCD Samsung dengan mikrofon built-in, Anda dapat memeriksa kualitas mikrofon untuk membedakan layar asli dan KW. Layar KW cenderung memiliki kualitas suara yang kurang baik dan kurang jelas dibandingkan dengan layar asli Samsung.

19. Periksa Kualitas Baterai

Jika Anda membeli layar LCD Samsung dengan baterai built-in, Anda dapat memeriksa kualitas baterai untuk membedakan layar asli dan KW. Baterai KW cenderung memiliki daya tahan yang lebih pendek dibandingkan dengan baterai asli Samsung yang memiliki daya tahan lebih lama.

20. Periksa Kualitas Sinyal

Salah satu cara terbaik untuk membedakan layar LCD Samsung asli dan KW adalah dengan memeriksa kualitas sinyal. Layar KW cenderung memiliki sinyal yang lebih lemah dan kurang stabil dibandingkan dengan layar asli Samsung yang memiliki sinyal yang lebih kuat dan stabil.

21. Periksa Kualitas Wifi

Jika Anda membeli layar LCD Samsung dengan fitur wifi, Anda dapat memeriksa kualitas wifi untuk membedakan layar asli dan KW. Layar KW cenderung memiliki kualitas wifi yang kurang baik dan seringkali sulit terhubung ke jaringan wifi, sementara layar asli Samsung memiliki kualitas wifi yang lebih baik.

22. Periksa Kualitas Bluetooth

Jika Anda membeli layar LCD Samsung dengan fitur bluetooth, Anda dapat memeriksa kualitas bluetooth untuk membedakan layar asli dan KW. Layar KW cenderung memiliki kualitas bluetooth yang kurang baik dan seringkali sulit terhubung ke perangkat lain, sementara layar asli Samsung memiliki kualitas bluetooth yang lebih baik.

23. Periksa Kualitas GPS

Jika Anda membeli layar LCD Samsung dengan fitur GPS, Anda dapat memeriksa kualitas GPS untuk membedakan layar asli dan KW. Layar KW cenderung memiliki kualitas GPS yang kurang baik dan seringkali sulit mendapatkan sinyal GPS, sementara layar asli Samsung memiliki kualitas GPS yang lebih baik.

24. Periksa Kualitas Kamera

Jika Anda membeli layar LCD Samsung dengan kamera built-in, Anda dapat memeriksa kualitas kamera untuk membedakan layar asli dan KW. Layar KW cenderung memiliki kualitas gambar yang lebih buruk dibandingkan dengan layar asli Samsung yang memiliki kualitas gambar yang lebih baik dan tajam.

25. Periksa Kualitas Sensor

Layar KW cenderung memiliki sensor yang kurang akurat dibandingkan dengan layar asli Samsung. Sensor pada layar KW seringkali tidak responsif atau kurang akurat, sementara sensor pada layar asli Samsung lebih akurat dan responsif.

26. Periksa Kualitas Fitur Tambahan

Beberapa layar LCD Samsung dilengkapi dengan fitur tambahan seperti NFC, IR Blaster, dan lain sebagainya. Anda dapat memeriksa kualitas fitur tambahan ini untuk membedakan layar asli dan KW. Layar KW cenderung memiliki fitur tambahan yang kurang baik dibandingkan dengan layar asli Samsung.

27. Periksa Kualitas Audio Jack

Jika Anda membeli layar LCD Samsung dengan audio jack built-in, Anda dapat memeriksa kualitas audio jack untuk membedakan layar asli dan KW. Audio jack KW cenderung memiliki kualitas suara yang kurang baik dan seringkali mengeluarkan suara berisik, sementara audio jack asli Samsung memiliki kualitas suara yang lebih baik.

28. Periksa Kualitas Charger

Jika Anda membeli layar LCD Samsung dengan charger built-in, Anda dapat memeriksa kualitas charger untuk membedakan layar asli dan KW. Charger KW cenderung memiliki daya output yang rendah dan seringkali tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat, sementara charger asli Samsung memiliki daya output yang sesuai dengan spesifikasi perangkat.

29. Periksa Kualitas Micro USB Port

Jika Anda membeli layar LCD Samsung dengan micro USB port built-in, Anda dapat memeriksa kualitas micro USB port untuk membedakan layar asli dan KW. Micro USB port KW cenderung memiliki kualitas yang buruk dan seringkali sulit terhubung dengan kabel USB, sementara micro USB port asli Samsung memiliki kualitas yang lebih baik.

30. Kesimpulan

Dalam memilih layar LCD Samsung, pastikan untuk memperhatikan semua faktor di atas untuk membedakan layar asli dan KW. Memilih layar LCD asli akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan tahan lama.

Cara Membedakan LCD Samsung Ori dan KW