Cara Meningkatkan OS Android Samsung

Samsung menjadi salah satu merek smartphone terbesar dan paling populer di dunia. Namun, meskipun memiliki kualitas hardware yang sangat baik, pengguna seringkali mengalami masalah dengan sistem operasi (OS) mereka.

Untuk mengatasi masalah tersebut, artikel ini akan memberikan tips dan trik cara meningkatkan OS Android Samsung agar lebih lancar dan cepat.

1. Pastikan Perangkat Anda Terupdate

Setiap kali Samsung merilis pembaruan perangkat lunak, mereka biasanya memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja perangkat. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu memperbarui perangkat Anda ke versi terbaru.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Memiliki terlalu banyak aplikasi pada perangkat Anda dapat memperlambat kinerja dan menyebabkan masalah lainnya. Oleh karena itu, hapus aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan atau aplikasi yang memakan banyak ruang penyimpanan.

3. Gunakan Aplikasi Pembersih

Anda juga bisa menggunakan aplikasi pembersih untuk membersihkan cache dan file sementara pada perangkat Anda. Aplikasi seperti CCleaner atau Clean Master dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat Anda.

4. Matikan Animasi

Animasi pada sistem operasi Android dapat memperlambat kinerja perangkat. Untuk mempercepat kinerja perangkat, matikan animasi dengan pergi ke Pengaturan > Developer Options > Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale.

5. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Beberapa aplikasi bawaan pada perangkat Samsung mungkin tidak diperlukan. Anda bisa menonaktifkan aplikasi tersebut dengan pergi ke Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Terpasang, lalu pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan dan pilih Nonaktifkan.

6. Gunakan Aplikasi Antivirus

Virus dan malware dapat memperlambat kinerja perangkat Anda. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan aplikasi antivirus seperti Avast atau AVG untuk melindungi perangkat Anda dari virus dan malware.

7. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Perangkat Samsung Anda mungkin menjadi lambat jika ruang penyimpanan penuh. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu memiliki cukup ruang penyimpanan dengan menghapus file atau aplikasi yang tidak diperlukan.

8. Gunakan Mode Hemat Baterai

Mode hemat baterai dapat membantu menghemat baterai dan meningkatkan kinerja perangkat Anda. Mode ini akan mematikan beberapa fitur yang tidak diperlukan, seperti sinkronisasi otomatis dan animasi.

9. Hapus Cache Aplikasi

Cache pada aplikasi dapat memperlambat kinerja perangkat. Untuk menghapus cache aplikasi, pergi ke Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Terpasang, lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya dan pilih Hapus Cache.

10. Gunakan Kartu SD untuk Penyimpanan Eksternal

Jika perangkat Anda memiliki slot kartu SD, gunakan kartu SD untuk menyimpan file atau aplikasi yang tidak sering Anda gunakan. Ini dapat membantu mengurangi beban penyimpanan internal dan meningkatkan kinerja perangkat.

11. Nonaktifkan Efek Visual

Beberapa efek visual pada perangkat Samsung mungkin tidak diperlukan dan dapat memperlambat kinerja perangkat. Nonaktifkan efek visual dengan pergi ke Pengaturan > Tampilan > Animasi, lalu pilih Nonaktifkan.

12. Bersihkan Data Aplikasi

Beberapa aplikasi dapat menyimpan data yang tidak diperlukan pada perangkat Anda. Untuk menghapus data aplikasi, pergi ke Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Terpasang, lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus datanya dan pilih Hapus Data.

13. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai dapat membantu menghemat baterai dan meningkatkan kinerja perangkat Anda. Aplikasi seperti DU Battery Saver atau Battery Doctor dapat membantu mengoptimalkan penggunaan baterai pada perangkat Anda.

14. Nonaktifkan Fitur Bluetooth dan NFC

Fitur Bluetooth dan NFC dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Nonaktifkan fitur tersebut jika tidak diperlukan dengan pergi ke Pengaturan > Bluetooth atau NFC, lalu pilih Nonaktifkan.

15. Hapus Widget yang Tidak Diperlukan

Widget pada layar utama perangkat Anda dapat memperlambat kinerja perangkat. Hapus widget yang tidak diperlukan dengan menahan widget tersebut dan menariknya ke tempat sampah.

16. Bersihkan RAM

RAM pada perangkat dapat menjadi terlalu penuh dan memperlambat kinerja perangkat. Bersihkan RAM dengan menggunakan aplikasi seperti RAM Booster atau Clean Master.

17. Batasi Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Batasi sinkronisasi otomatis dengan pergi ke Pengaturan > Akun > Sinkronisasi, lalu pilih akun yang ingin dibatasi sinkronisasinya.

18. Gunakan Mode Pesawat

Mode pesawat dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat dengan mematikan semua fitur yang tidak diperlukan. Aktifkan mode pesawat dengan menekan tombol Power dan pilih Mode Pesawat.

19. Nonaktifkan Animasi di Launcher

Beberapa launcher pihak ketiga memiliki animasi yang dapat memperlambat kinerja perangkat. Matikan animasi pada launcher dengan pergi ke Pengaturan Launcher, lalu pilih Nonaktifkan Animasi.

20. Gunakan Aplikasi Pengoptimal RAM

Aplikasi pengoptimal RAM seperti RAM Control eXtreme atau Auto Memory Manager dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat dengan mengoptimalkan penggunaan RAM.

21. Nonaktifkan Fitur Pencarian Google

Fitur Pencarian Google dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Nonaktifkan fitur tersebut dengan pergi ke Pengaturan > Aplikasi > Google, lalu pilih Nonaktifkan.

22. Aktifkan Mode Pengembang

Mode pengembang pada perangkat Samsung dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat dengan memberikan akses ke fitur tambahan. Aktifkan mode pengembang dengan pergi ke Pengaturan > Tentang Perangkat, lalu tekan nomor build perangkat Anda beberapa kali.

23. Nonaktifkan Fitur Vibrasi

Fitur vibrasi pada perangkat dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Nonaktifkan fitur vibrasi dengan pergi ke Pengaturan > Bunyi dan Getaran, lalu pilih Nonaktifkan Vibrasi.

24. Gunakan Aplikasi Penghemat Data

Aplikasi penghemat data seperti Opera Max atau DataEye dapat membantu menghemat penggunaan data pada perangkat Anda. Ini dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat Anda dengan mengurangi beban jaringan.

25. Nonaktifkan Fitur GPS

Fitur GPS pada perangkat dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Nonaktifkan fitur GPS jika tidak diperlukan dengan pergi ke Pengaturan > Lokasi, lalu pilih Nonaktifkan.

26. Gunakan Aplikasi Pengoptimal Baterai

Aplikasi pengoptimal baterai seperti Greenify atau Battery Optimizer & Cleaner dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat dengan mengoptimalkan penggunaan baterai.

27. Nonaktifkan Notifikasi

Notifikasi pada perangkat dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Nonaktifkan notifikasi pada aplikasi yang tidak diperlukan dengan pergi ke Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Terpasang, lalu pilih aplikasi yang ingin diubah notifikasinya dan pilih Nonaktifkan Notifikasi.

28. Gunakan Aplikasi Pengoptimal Jaringan

Aplikasi pengoptimal jaringan seperti Network Master atau Network Booster dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat dengan mengoptimalkan penggunaan jaringan.

29. Nonaktifkan Fitur Smart Stay

Fitur Smart Stay pada perangkat dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Nonaktifkan fitur Smart Stay dengan pergi ke Pengaturan > Layar, lalu pilih Nonaktifkan Smart Stay.

30. Gunakan Aplikasi Penghemat CPU

Aplikasi penghemat CPU seperti CPU Control atau No-Frills CPU Control dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat dengan mengoptimalkan penggunaan CPU.

Cara Meningkatkan OS Android Samsung